Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Maroqil Ubudiyah (PDF Drive) - Syarah Bidayatul Hidayah Al-Ghazali

5 Des 2023, 21:05 WIB Ter-Updated 2024-08-06T20:43:29Z
Download Ngaji Gus Baha
kitab maroqil ubudiyah syaikh nawawi banten
Kitab Muroqil Ubudiyah PDF. Foto: dutaislam.or.id.


Dutaislam.or.id - Kitab Maroqil Ubudiyah membahas aspek-aspek ilmu Tasawuf, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang cara menyucikan jiwa, menyempurnakan akhlak, memperkuat dimensi lahir dan batin, serta mencapai kebahagiaan yang abadi.


Dalam ranah ini, Kiai Nawawi Banten menulis kitab Maroqil Ubudiyah sebagai syarah atau komentar atas salah satu karya Imam al-Ghazali, yaitu Bidayatul Hidayah. Baca: Flashdisk Kitab Kuning 32 GB


Kiai Nawawi Banten, seorang penulis yang mahir dalam berbagai bidang keilmuan, tidak hanya menghasilkan karya-karya dalam bidang gramatika bahasa Arab, fikih, tafsir, dan tawhid, tetapi juga menorehkan jejaknya dalam ilmu Tasawuf. 


Secara umum, Bidayatul Hidayah terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama menjelaskan tentang aspek-aspek ketaatan, seperti niat dalam mencari ilmu, aktivitas sehari-hari mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur, serta ibadah harian seperti wudhu, salat, dan puasa.



Silakan download Kitab Muroqil Ubidiyah PDF melalui link Drive yang kami sediakan di bawah ini:



Berbeda dengan bagian pertama, bagian kedua Bidayatul Hidayah fokus pada penjelasan tentang menjauhi maksiat. Imam Al-Ghazali membahas tentang pentingnya menjaga anggota tubuh, terutama lisan, dari perbuatan maksiat. 


Uniknya, Imam al-Ghazali tidak hanya membahas aspek-aspek fikih biasa, tetapi juga menambahkan dimensi spiritual yang menjadi fokus utama, seperti dalam bab salat, di mana beliau menekankan tentang khusyu' dan memberikan tips untuk mencapainya.


Selain itu, beliau menjelaskan tentang penyakit-penyakit hati seperti dengki dan memberikan panduan untuk menyembuhkannya. Bagian kedua juga mencakup tata cara berinteraksi dengan Allah, berbakti kepada orang tua, dan menjalin persahabatan dengan sesama. [dutaislam.or.id/ab]


Iklan