Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Tuhfatul Athfal PDF Makna Pegon Arab Jawa

4 Des 2023, 11:56 WIB Ter-Updated 2024-08-06T21:26:33Z
Download Ngaji Gus Baha
kitab tuhfatul athfal pdf makna pegon arab
Kitab Tuhfatul Athfal Pegon Arab Jawa.


Dutaislam.or.id - Kitab Tuhfatul Athfal adalah sebuah buku syair atau nadzom yang memuat prinsip-prinsip dasar ilmu tajwid yang disusun dalam bait-bait syair yang indah. Oleh karena itu, buku ini diberi judul Tuhfatul Athfal, yang artinya "Senandung Anak-Anak".


Buku ini dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam kurikulum di banyak Pondok Pesantren di Indonesia dengan tujuan membangun dasar pengetahuan santri terhadap Ilmu Tajwid Al-Qur'an, yang merupakan ilmu yang sangat penting dan mendasar dalam memahami Al-Qur'an.


Baca: Flahsdisk Kitab Kuning PDF Makna Pesantren


Dalam konteks ilmu Qiraah, ilmu tajwid mempelajari cara mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya. Oleh karena itu, ilmu tajwid adalah kajian tentang bagaimana cara melafalkan huruf-huruf yang terdapat dalam Al-Qur’an, dengan memberikan penekanan pada keindahan dan kesempurnaan dalam setiap bacaan ayat Al-Qur’an.


Beberapa konsep yang dibahas dalam ilmu tajwid melibatkan makharijul huruf (tempat keluar-masuk huruf), shifatul huruf (cara pengucapan huruf), ahkamul huruf (hubungan antar huruf), ahkamul maddi wal qasr (panjang dan pendek ucapan), ahkamul waqaf wal ibtida’ (memulai dan menghentikan bacaan), dan sebagainya.


Penulis Tuhfatul Athfal adalah Sulaiman bin Husain bin Muhammad bin Syalabi Al-Jamzuri, yang lebih dikenal dengan julukan Al-Afandi. Nama Al-Jamzuri terkait dengan tempat kelahirannya di dekat Thandata yang saat ini disebut Thanta, berjarak 4 mil dari Jamzur, sebuah distrik di Al-Manufiyah, Mesir. Al-Jamzuri adalah seorang ulama dari abad ke-12 hijriyah, lahir pada bulan Rabiul Awal tahun 1100-an Hijrah.


Jika Anda ingin memilikinya, silakan langsung ke Google Drive di bawah ini: 



Terimakasih. Semoga bermanfaat. [dutaislam.or.id/ab]


Iklan