Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Washoyal Aba' Lil Abna (PDF Drive) - Nasehat Ayah ke Anak

7 Des 2023, 08:58 WIB Ter-Updated 2024-08-23T18:50:44Z
Download Ngaji Gus Baha
kitab washoya pdf makna pesantren jenggot jawa
Kitab Washoya Makna Pesantren.


Dutaislam.or.id - Kitab Washoya (PDF) atau lengkapnya Washoyal Aba' Lil Abna' adalah karangan Syaikh Sakir (Iskandariyah) yang berisi akhlak bagi mereka para pencari ilmu saat mereka mulai belajar. 


Bisa dikata, Kitab Washoya sama isinya dengan Kitab Akhlaq Lil Banin atau Akhlaq Lil Banat, yang juga dikaji secara massif di kalangan santri pesantren. Kitab ini juga sama tema dengan Kitab Ta'lim Muta'allim dan Kitab Ayyuhal Walad karangan Imam Al-Ghazali


Baca: Flahsdisk Kitab Kuning Makna Pesantren


Pada Bab Lima Kitab Washoya misalnya, ada pembahasan khusus cara bergaul dan beradab dengan sesama teman, yang antara lain: tidak boleh berdesak-desakan saat ngaji bersama dengan kiai. Selain itu, antar murid supaya saling berbagi ilmu (hlm. 13). 


Itulah rahasia keberhasilan Imam Abu Hanifah sehingga beliau menjadi seorang imam besar yang pemikirannya dianut hingga sekarang. 


Adab-adab thalabul ilmi lainnya bisa dibaca lebih lanjut di halaman berikutnya. Dutaislam.or.id menyediakan link download Kitab Washoya Aba' di bawah ini, lengkap dengan makna ala pesantren salaf. 


Link: Download PDF Kitab Washoya Al-Aba' Lil Abna (PDF) ala Makna Pesantren 


Kitab-kitab makna pesantren lainnya bisa Anda download satu-satu di postingan berjudul: Kumpulan Kitab Kuning Makna Pesantren. [dutaislam.or.id/ab]


Iklan