Iklan

Iklan

,

Iklan

Dowload Kumpulan Kitab Karya Syaichona Cholil Bangkalan (PDF Drive)

6 Des 2023, 08:00 WIB Ter-Updated 2024-08-17T18:43:25Z
Download Ngaji Gus Baha
pdf kitab isti'dadul maut dan al matnus syarif syaichona cholil
Kitab Isti'dadul Maut - Syaikhona Cholil Bangkalan. Foto: dutaislam.or.id.

Dutaislam.or.id - Meski karya tulis Syaichona Cholil Bangkalan disebut-sebut jumlahnya banyak, tapi hingga sekarang, hanya beberapa judul saja yang diterbitkan. Lainnya, seperti tertulis dalam keterangan buku biografi Syaichona Khalil berjudul Surat Kepada Anjing Hitam (penulis: Saifur Rahman), masih berserakan dan tidak diterbitkan. (hlm: 66).

Lembaran-lembaran dari peninggalan Syaichona Cholil itu rata-rata berupa kumpulan shalawat, terjemah kitab (Bahasa Madura), wirid, doa-doa dan ijazah (baik ijazah langsung maupun barzakhiyyan - برزخيــاً).

Baca: Flashdisk 32 GB Kitab Kuning PDF

Ada karangan Syaichona Cholil dalam bidang ilmu Nahwu dan ilmu alat lainnya, tapi belum tersebar dalam bentuk buku yang bisa dibaca khalayak umum. Menurut keterangan terakhir, ditemukan 16 manuskrip karya tulis Syaikhona Cholil. Namun hanya beberapa yang beredar luas.

Berikut ini adalah kitab-kitab karya Syaichona Cholil Bangkalan yang tersebar juga dalam format PDF. Semuanya terkait dengan fiqih, yakni fiqih shalat, fiqih awam, fiqih janazah dan fiqih nikah. Silakan download satu-satu. InsyaAllah koleksinya akan bertambah seiring waktu.

  1. Al-Matnus Syarif PDF (المتن الشريف) - Sudah ditulis syarahnya berjudul Al-Maisanul Lathif (الميسان اللطيف) oleh Syaikh Thoifur Madura.
  2. As-Silah fin Nikah PDF (السِّلاح فى النكاح)
  3. Isti'dadul Maut PDF (إستعداد الموت) - Bahasa Madura
  4. Taqrirat ala Mandhumah Nuzhatit Thullab (تقريرات شيخنا خليل على منظومة نُزهة الطلاب)

Karya ulama Nusantara lainnya juga terkumpul dalam beberapa postingan. Antara lain, kitab karya Syaikh Mahfudz Tremas dan kitab karya Syaikh Nawawi bin Umar Al-Bantani. Silakan cek satu-satu. [dutaislam.or.id/ab]

Iklan