Iklan

Iklan

,

Iklan

Download Milhatul I'rob (PDF Drive) - Kitab Nahwu Dasar Madzhab Basrah

5 Des 2023, 22:39 WIB Ter-Updated 2024-08-06T20:36:40Z
Download Ngaji Gus Baha
milhatul irob pdf kitab download
Cover Kitab Milhatul I'rob. Foto: dutaislam.or.id.

Dutaislam.or.id - Seperti kitab Alfiyah, Matan Milhatul I'rob adalah kitab tentang Nahwu yang disusun dalam bentuk nadham Bahar Rojaz. Ditulis oleh Abul Qoshim bin Ali Al-Hariri Al-Bashri. Jadi, Nahwunya Madzhab Bashroh, bukan Kufah.

Milhatul I'rob berisi lengkap Ilmu Nahwu dasar sebagaimana Jurumiyah dan Umrithi. Tapi lebih tipis dibandingkan Alfiyah jumlah nadhamnya. Bagi mubtadi' (pemula), Matan Milhatul I'rob sangat membantu mengenalkan Ilmu Nahwu dasar.

Baca: Flashdisk Kitab Kuning PDF Makna Pesantren

Misalnya, dalam Bab Kalam. Milhatul I'rob menyebut, kalam adalah yang susunan lafadz yang memahamkan pendengarnya secara penuh. Baik tersusun dari fi'il dan isim, atau dua isim. Misalnya: Sa'a Zaidun (سعى زيد) atau Umar wa Muttabi' (عمر ومتبع).

-------
Judul: Matan Milhatul I'rob (تحميل ملحة الإعراب)
Penulis: Abil Qoshim bin Ali Al-Hariri Al-Bashri
Tebal: 48 halaman (PDF)
Penerbit: As'ad Muhammad Sa'id wa Auladuh
Link: Download
Berat: 2 MB
-------

Dalam Milhatul I'rob juga disebutkan adanya Isim Fi'il yang disebut muallif sebagai lafal yang memiliki unsur meminta (للطلب) tapi tidak bersumber dari kalimat asal (لم يكن مشتقا). Contohnya adalah kalimat: صه dan دارك.

Huruf, dalam Milhatul I'rob juga dibagi menjadi tiga. Ada yang khusus untuk isim, fi'il atau bahkan untuk keduanya. Muallif membahasnya dalam Bab Huruf. Cukup di sini saja yah ulasan saya membaca Matan Milhatul I'rob.

Bagi Anda yang ingin mendownloadnya, silakan langsung ke link yang ada profil kitab di atas. Kumpulan kitab Nahwu lainnya. [dutaislam.or.id/ab]

Iklan