Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Tanbihul Muta'allim PDF-Drive Pegon Jawa, Syarah Nadham Tanbih

Duta Islam #05
26 Agu 2024, 03:39 WIB Ter-Updated 2024-08-25T20:39:55Z
Download Ngaji Gus Baha

tanbihul mutaalim pdf drive
Kitab Tanbihul Mutaalim PDF.

Dutaislam.or.id - Kitab Tanbihul Muta'allim sangat cocok untuk para pelajar di madrasah dan pondok pesantren, karena dapat membimbing para santri agar memiliki adab dan cita-cita yang mulia. Kitab ini dikarang oleh Imam Ahmad Maisur Sindi At-Thursidi, yang di dalamnya membahas tentang akhlak santri, pendidik, dan para pencari ilmu dalam berinteraksi dengan gurunya, kitabnya, serta waktu belajarnya. 


Pesan-pesan dalam kitab ini penuh dengan mutiara hikmah yang indah. Kitab ini merupakan terjemahan dari Nadhom Tanbih karya Syeikh Hasyim Asy'ari dari Jombang. Penggunaan nadzom, dilanjutkan dengan terjemahan dalam bahasa Jawa Pegon, membuat isi Tanbihul Muta'allim menjadi lebih mudah dipahami.


Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Tanbihul Muta'allim terbagi menjadi empat bagian: Pertama, hubungan manusia dengan Allah, seperti menjauhi perbuatan dosa, meyakini kemuliaan dan keagungan guru, serta menetapkan niat dan tujuan belajar yang benar. Kedua, hubungan manusia dengan sesama, yang mencakup berbuat baik dan patuh kepada kedua orang tua, guru, teman, dan masyarakat. 


Baca: Download Kitab At-Targhib wat Tarhib PDF Makna Pesantren


Ketiga, hubungan manusia dengan lingkungannya, yang meliputi penggunaan barang-barang yang halal, baik, dan bersih. Keempat, akhlak terhadap diri sendiri, seperti menjaga kebersihan, rajin belajar (muthala’ah), bekerja keras, dan bermusyawarah.


Metode-metode yang digunakan dalam Tanbihul Muta'allim antara lain adalah metode pembiasaan, keteladanan, mau’idhah hasanah (nasehat yang baik), dan cerita. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab ini tetap relevan sebagai pedoman bagi penanaman nilai-nilai akhlak dalam masyarakat masa kini, khususnya bagi pelajar dan pengajar.


Bila Anda ingin mendownloadnya, silakan ke link: Download Tanbihul Muta'allim PDF Drive. [dutaislam.or.id/ab]

Iklan