Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Al-Ghunyah (PDF-Drive) - Karya Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani

Duta Islam #05
13 Sep 2024, 04:20 WIB Ter-Updated 2024-09-12T21:20:55Z
Download Ngaji Gus Baha
kitab al-ghunyah pdf drive syaikh abdul qadir al-jailani
Cover cetak Kitab Al-Ghunyah makna pesantren.


Dutaislam.or.id - Kitab Al-Ghunyah li Thalibi Tariqil Haqq adalah salah satu karya Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani. Nama kitab ini, Al-Ghunyah yang berarti "kecukupan", diambil dari keyakinan Al-Jilani bahwa ilmu dan fiqh yang sejati adalah yang mempengaruhi perilaku seseorang melalui keyakinan bahwa kehidupan akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia. 


Syaikh Al-Jilani mengkritik ilmu-ilmu yang dianggap sebagai ilmu agama tetapi terfokus pada rincian fiqh yang berlebihan, debat, serta kemenangan dalam perdebatan. Kitab ini dibagi menjadi empat bagian setelah bagian pengantar yang membahas ilmu dan perbedaan antara berbagai jenis ilmu.


Bagian pertama membahas tentang Ibadah, seperti shalat, zakat, dan haji, serta menjelaskan beberapa detail yang berkaitan dengan bagaimana ibadah ini mempengaruhi hati manusia.


Bagian kedua, Adat, membahas tentang pernikahan, kerja, dan cara memperoleh rezeki, yang disertai penjelasan bagaimana kegiatan sehari-hari ini dapat menjadi jalan menuju ketaatan kepada Allah Swt.


Baca: Flashdisk Kitab Kuning PDF 32 GB


Bagian ketiga membahas tentang perusak-perusak jiwa, seperti kesombongan, cinta dunia, kecintaan terhadap kedudukan, dan dua nafsu besar, yakni makan dan hubungan seksual. Al-Jilani menyatukan kedua nafsu ini dalam satu bab karena menurutnya, keduanya sangat terkait erat dalam menguasai diri manusia.


Bagian keempat membahas tentang jalan keselamatan, yang dimulai dengan taubat. Ia menjelaskan bahwa hakikat taubat adalah mengenal Allah, kemudian rasa malu kepada-Nya, diikuti oleh penyesalan dan permintaan maaf. Dalam bagian ini, ia juga berbicara tentang kesabaran, rasa takut kepada Allah, serta pentingnya ibadah berpikir (tafakur).


Sebagian besar isi Kitab Al-Ghunyah diawali dengan penjelasan dan dalil dari ayat-ayat Al-Qur'an, diikuti dengan hadits Nabi, kemudian kisah para sahabat, dan terakhir kisah para orang saleh. Baca: Kumpulan Kisah Manaqib Lengkap Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani.


Salah satu karakteristik utama dari metode Imam al-Jilani dalam Kitab Al-Ghunyah adalah perhatian yang besar terhadap perdebatan dan argumen melawan aliran-aliran menyimpang. Al-Jilani dikenal luas karena kemampuannya berdebat dengan penganut berbagai aliran yang berbeda, seperti Mu'tazilah, Murji'ah, Khawarij, Syiah, Karamiyyah, filsuf, dan lainnya. Dalam kitab ini, kita akan menemukan banyak bantahan terhadap keyakinan dan dalil-dalil dari aliran-aliran tersebut.


Syaikh Abdul Qadri Al-Jilani memulai dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, menguraikan argumen lawan secara akurat dan jujur, lalu dengan cermat memberikan bantahan yang berbasis pada keilmuan, metodologi, dan obyektivitas. Inilah yang menjadikan Kitab Al-Ghunyah bukan hanya sebagai sumber ilmu fiqh dan tasawuf, tetapi juga sebagai rujukan dalam menghadapi dan membantah keyakinan tauhid yang menyimpang. 


Bila Anda ingin membacanya, silakan:



Semoga bermanfaat. [dutaislam.or.id/ab]

Iklan