Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Al-I'lam Bi Fatawa Aimmatil Islam Haula Maulidin Nabi (PDF-Drive)

Duta Islam #05
19 Sep 2024, 06:40 WIB Ter-Updated 2024-09-18T23:40:52Z
Download Ngaji Gus Baha
kitab karya sayyid muhammad al-ilam bi fatawa imam
Kitab Al-I'lam bi Fatawa Aimmah PDF.


Dutaislam.or.id - Kitab Al-I'lam Bi Fatawa Aimmatil Islam Haula Maulidin Nabi merupakan karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki, yang ditulis sebagai respons terhadap kekhawatiran beliau tentang umat Islam yang mungkin terpengaruh oleh pemahaman-pemahaman yang menyalahi ajaran Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja). 


Dalam kitab ini, beliau secara tegas membela tradisi baik yang telah lama dijaga oleh umat Islam, yakni perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw, yang sering kali dianggap bid'ah oleh sebagian kalangan wahabi dan lainnya.


Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki memandang bahwa argumen-argumen yang melarang perayaan Maulid Nabi, dengan alasan bahwa Rasulullah Saw tidak pernah melakukannya, kurang tepat dan perlu diluruskan. 


Menurut beliau, perayaan ini bukan sekadar mengenang kelahiran Nabi Saw, tetapi juga menjadi momentum untuk menumbuhkan kecintaan umat kepada Rasulullah Saw, dengan mengingat kehidupan, perjuangan, dan ajaran beliau.


Dalam Al-I'lam Bi Fatawa Aimmatil Islam, Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki menyuguhkan argumen yang kuat dan ilmiah, dengan merujuk pada pendapat para ulama besar, seperti Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-'Asqalany, Syaikh Jalaluddin As-Suyuthi, Syaikh Syamsuddin Ibnu Al-Jazari, dan Syaikh Syamsuddin Ibnu Nashiruddin Ad-Dimasyqi. 


Selain itu, beliau juga mengutip pendapat dari Syaikh Ibnu Taimiyah, yang pada dasarnya mendukung perayaan Maulid jika dilakukan dengan niat yang baik dan cara yang benar.  Baca: Flashdisk Kitab Kuning Makna Pesantren 32 GB


Kitab ini sangat direkomendasikan bagi pengikut Ahlussunnah Wal Jama'ah sebagai benteng dari pengaruh pemahaman yang menyimpang dari tradisi Aswaja. Dengan gaya bahasa yang ilmiah namun mudah dipahami, Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki berhasil menyajikan hujjah-hujjah yang dapat mematahkan pandangan yang menolak Maulid Nabi Saw, sekaligus memperkokoh argumen Aswaja dalam menjaga tradisi yang telah berlangsung berabad-abad ini. 


Kitab ini bukan hanya menjadi panduan untuk mempertahankan ajaran yang benar, tetapi juga untuk memahami lebih dalam tentang sejarah, makna, dan pentingnya Maulid dalam konteks Islam.


Jika tertarik membacanya, silakan Anda klik:



Terimakasih. Semoga bermanfaat. [dutaislam.or.id/ab]

Iklan