Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Amtsilatut Tashrifiyah (PDF-Drive) - Ilmu Sharaf Dasar Pesantren

Duta Islam #05
13 Sep 2024, 03:40 WIB Ter-Updated 2024-09-12T20:40:48Z
Download Ngaji Gus Baha
kitab Amtsilatut Tashrifiyah pdf ilmu sharaf dasar
Kitab Amtsilatut Tashrifiyah PDF.


Dutaislam.or.id - Banyak kitab yang membahas ilmu sharaf, baik yang fokus secara khusus seperti Ilmu Sharf dan Nadham Maqshud, maupun yang menggabungkan ilmu sharaf dengan ilmu nahwu, seperti Audhahul Masalik ila Alfiyah Ibni Malik, Syarah Qothrunnada, dan Jami’ud Durus. Namun, kebanyakan dari kitab-kitab ini dianggap sebagai "kitab kelas berat" yang tidak dianjurkan untuk dipelajari oleh pemula. Bedad dengan kitab Amtsilatut Tashrifiyah.


Kitab Amtsilatut Tashrifiyah ini dikarang oleh KH Muhammad Ma’shum bin Ali ketika ia berusia 19 tahun. KH Ma’shum, yang lahir di Maskumambang, Gresik, adalah menantu dari Hadratussyekh KH Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU). KH Ma’shum wafat pada tanggal 24 Ramadhan 1351 H, atau bertepatan dengan 8 Januari 1933 M.


Baca: Flashdisk Kitab Kuning PDF (32 GB)


Keistimewaan dari Amtsilatut Tashrifiyah terletak pada struktur pembahasannya yang sistematis, mulai dari tsulatsi mujarrad hingga at-tashrîf lughawi. Kitab ini dirancang secara sederhana dengan menyajikan banyak contoh langsung tanpa terlalu banyak teori. Pendekatan ini membuat kitab tersebut menjadi pegangan wajib di berbagai pesantren di Indonesia. Selain itu, Amtsilatut Tashrifiyah juga digunakan sebagai panduan dalam pembelajaran ilmu sharaf di tingkat internasional.


Melalui kitab ini, mempelajari perubahan bentuk kata dalam bahasa Arab, dari satu bentuk ke bentuk lainnya, menjadi lebih mudah. Kitab ini memungkinkan para pelajar untuk menimbang dan melacak pola perubahan kata yang mungkin tidak tercantum di dalam contoh-contoh yang ada. 


Namun, terkadang, ada tantangan ketika kita menemukan kata yang tidak dikenal dan sulit untuk menentukan apakah perubahan bentuknya sesuai dengan pola yang disajikan dalam kitab ini. Meskipun demikian, kesulitan semacam itu jarang sekali terjadi.


Jika Anda ingin mendownloadnya, silakan:



Kitab Amtsilatut Tashrifiyah tetap menjadi alat penting dan efisien bagi para pemula yang ingin memahami dasar-dasar ilmu sharaf, dan keberadaannya terus diapresiasi di dunia pesantren. [dutaislam.or.id/ab]

Iklan