Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Anwarul Bahiyyah min Isra' wa Mikraj (PDF-Drive) - Sayyid Muhammad Al-Maliki

Duta Islam #05
12 Sep 2024, 20:43 WIB Ter-Updated 2024-09-12T13:43:04Z
Download Ngaji Gus Baha
kitab anwarul bahiyyah pdf drive bukan makna pesantren
Salah satu isi teks kitab Anwarul Bahiyyah PDF.


Dutaislam.or.id - Kitab berjudul Anwarul Bahiyyah fi Isra wa Mi'raj ini adalag karya Sayyid Muhammad Al-Maliki. Dalam kitab setebal 114 halaman (versi PDF) ini, penulis menjelaskan tentang pentingnya mengimani isra' dan mi'raj secara ruh dan jasad. 


Di halaman buku ini, salah satu yang ditulis oleh Sayyid Muhammad Al-Maliki antara lain tentang sepakatnya bahwa peristiwa Isra' dan Mi'raj terjadi setelah diutusnya Nabi (bi'tsah), namun mereka berbeda pendapat mengenai waktu yang tepat dari peristiwa tersebut. 


Namun, sebagian dari mereka mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi setahun sebelum hijrah, ada yang mengatakan dua tahun sebelum hijrah, dan ada pula yang mengatakan lima tahun sebelum hijrah. 


Kata penulis, peristiwa ini terjadi pada bulan Rajab—yang merupakan pendapat masyhur—dan ada pula yang berpendapat bahwa peristiwa tersebut terjadi pada bulan Ramadan, Rabi'ul Awwal, atau di bulan lain dan terjadi pada malam Senin, sama dengan hari kelahiran Nabi Muhammad, hari diutusnya Nabi (bi'tsah), dan hari hijrah. 


Hari tersebut, lanjut penulis, juga merupakan hari wafatnya beliau, yang sekaligus menunjukkan beberapa fase penting dari kehidupan kenabian, yaitu: kelahiran, pengutusan (bi'tsah), hijrah, Mi'raj, dan wafatnya.


cover kitab anwarul bahiyyah pdf drive
Cover Kitab Anwarul Bahiyyah PDF.


Di halaman 14, Sayyid Muhammad Al-Maliki menegaskan bahwa peristiwa Isra' dan Mi'raj terjadi dengan ruh dan jasad Nabi SAW dalam keadaan terjaga, bukan mimpi. Ini didasarkan pada dalil-dalil yang jelas dari Al-Qur'an dan hadist-hadist yang sahih. 


Bila Anda ingin membacanya, silakan:



InsyaAllah, dengan membacanya secara seksama Anda akan menemukan banyak pengetahuan yang baru tentang Isra' dan Mi'raj. [dutaislam.or.id/ab

Iklan