Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Khozinatul Asror (PDF-Drive) karya Syaikh Muhammad Haqqi An-Nazli

Duta Islam #05
12 Sep 2024, 21:08 WIB Ter-Updated 2024-09-12T14:08:14Z
Download Ngaji Gus Baha
kitab khozinatul asror pdf makna pesantren
Cover Kitab Khozinatul Asror versi cetak.


Dutaislam.or.id - Khozinatul Asror adalah kitab yang disusun oleh Syaikh Muhammad Haqqi An-Nazli, seorang ulama yang sangat dikenal di kalangan pesantren dan madrasah. Kitab ini sering menjadi bahan kajian, khususnya dalam pembahasan mengenai keutamaan ayat-ayat Al-Qur'an.


Syaikh Muhammad Haqqi an-Nazli bin Ali bin Ibrahim wafat di Mekkah pada tahun 1301 H. Beliau telah menulis berbagai karya penting selain Khozinatul Asror, seperti Al-Futuhatul Makkiyah, Asbabul Quwah fi Adabil Akli was Syurbi, Ahkamul Madzhab fi Athwaril Liha was-Syawarib, Tanbihur Rasul ala Taqshiridz Dzuyul, Thibbul Qur'an, dan Tafhimul Ikhwan fi Tajwidil Qur'an.


Isi dari Khozinatul Asror berfokus pada keutamaan ayat-ayat dan surat-surat dalam Al-Qur'an. Kitab ini menjelaskan manfaat dari ayat-ayat Al-Qur'an dengan menggunakan gaya penulisan yang unik, berupa narasi yang diselingi dengan syair. 


Misalnya, dalam pembahasan tentang surat Al-Fatihah, Syaikh Haqqi menjelaskan keutamaan dan rahasia di balik surat tersebut dalam bentuk syair, dengan tujuan untuk memudahkan pembaca memahami makna, rahasia, dan pesan yang terkandung di dalamnya.


Bila Anda ingin mendownloadnya, silakan: 



Tambahan, kitab ini ditulis dengan tujuan untuk mengajak umat Muslim kembali menghidupkan tradisi membaca Al-Qur'an. Syaikh Haqqi menulis kitab ini karena melihat bahwa banyak orang yang mulai meninggalkan amalan membaca Al-Qur'an, padahal Al-Qur'an adalah sarana tawassul yang paling utama dan amalan yang paling cepat mendekatkan seseorang kepada surga. 


Oleh karena itu, Khozinatul Asror bukanlah kitab mistik sebagaimana yang disalahpahami oleh sebagian orang. [dutaislam.or.id/ab]

Iklan