Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Mawahibul Laduniyyah (PDF-Drive) - Syarah Syama'il Muhammadiyyah

Duta Islam #05
20 Sep 2024, 07:18 WIB Ter-Updated 2024-09-20T00:18:10Z
Download Ngaji Gus Baha
kitab mawahibul laduniyah pdf makna pesantren
Kitab Mawahibul Laduniyah PDF - 4 Jilid.


Dutaislam.or.id - Kitab Mawahibul Laduniyyah bil Minahil Muhammadaniyyah (المواهب اللدنية بالمنح المحمدية) atau yang berarti Karunia Ilahiah dalam Bentuk Karunia Muhammadaniyyah adalah salah satu karya Imam Ahmad Shihabuddin ibn Muhammad ibn Abu Bakar Al-Qastallani (wafat 923 H/1517 M), seorang ulama hadits terkenal, penulis syarah dari Sahih Bukhari, yang berjudul Irsyadus Sari.


Mawahibul Laduniyyah adalah biografi komprehensif Nabi Muhammad Saw, yang tidak hanya mencakup kronologi kehidupan beliau tetapi juga membahas berbagai aspek pribadi dan misi beliau sebagai utusan Allah Swt. Bisa dikata, kitab ini adalah ensiklopedia lengkap sirah Nabi Muhammad Saw.


Al-Qastallani menulis biografi Rasulullah Saw berdasarkan urutan waktu, dimulai dari kelahiran yang mulia hingga wafatnya beliau. Setiap momen penting dalam kehidupan Nabi Saw diabadikan dengan teliti, mulai dari masa kanak-kanak, pemuda, hingga periode kenabian yang penuh perjuangan dan keberhasilan.


Baca: Flashdisk Kitab Kuning PDF 32 GB


Salah satu aspek yang dibahas secara rinci dalam Mawahibul Laduniyyah adalah peristiwa maghazi, yaitu peperangan yang terjadi dalam masa hidup Nabi Saw, serta saraaya atau ekspedisi militer yang tidak dipimpin langsung oleh beliau. 


Selain itu, kitab ini juga menyertakan bu'uts, yaitu delegasi-delegasi yang dikirim oleh Nabi Saw ke berbagai wilayah untuk menyampaikan dakwah Islam, serta wufud, yakni para utusan yang datang kepada Nabi untuk memeluk Islam atau menjalin perjanjian dengan umat Islam.


Kitab Mawahibul Laduniyyah juga memberikan perhatian khusus pada sifat-sifat mulia dan keistimewaan Nabi Muhammad Saw. Al-Qastallani menjelaskan dengan terperinci keindahan fisik serta akhlak beliau yang luhur, yang membuat beliau dicintai oleh para sahabat dan disegani oleh musuh-musuhnya.


Penulis juga memaparkan mukjizat-mukjizat, kebijaksanaan Nabi Saw dalam menyelesaikan masalah, serta kemuliaan dalam setiap langkah dan tindakannya. Selain itu, terdapat pula pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan pribadi Rasulullah Saw, seperti istri-istri, anak-anak, pelayan, serta sahabat-sahabat dekat beliau.


Dalam Mawahibul Laduniyyah, Al-Qastallani juga merinci benda-benda yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad Saw, seperti kendaraan yang beliau gunakan, senjata-senjata yang dimiliki, serta berbagai perlengkapan lainnya. 


Semua ini diungkapkan dengan tujuan memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang bagaimana kehidupan Rasulullah Saw yang sederhana dan terdokumentasi dalam 4 Jilid berbahasa Arab. 


Bila Anda ingin membacanya, silakan:



Semoga kitab ini bisa menambah kecintaan kita kepada Rasulullah Saw. [dutaislam.or.id/ab]

Iklan