Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Mughni Labib An Kutubil Arib (PDF-Drive) - Ibnu Hisyam Al-Anshari

Duta Islam #05
19 Sep 2024, 04:49 WIB Ter-Updated 2024-09-18T21:55:25Z
Download Ngaji Gus Baha
kitab mughnil labib an kutubil aarib
Kitab Mughni Labib PDF.


Dutaislam.or.id - Kitab Mughni Labib An Kutubil Arib adalah salah satu karya penting yang ditulis oleh Syaikh Ibnu Hisyam Al-Anshari. Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Yusuf bin Ahmad bin Abdullah bin Hisyam al-Anshari al-Mishri al-Khazraji asy-Syafi’i al-Hanbali. 


Ibnu Hisyam lahir di Kairo pada bulan Dzul Qa’dah tahun 708 H (1306 M). Beliau tumbuh besar di kota yang sama dan menghabiskan masa mudanya mempelajari berbagai disiplin ilmu seperti nahwu, sharaf, fiqh, qiraat, tafsir, adab, dan lughat. Semua ilmu tersebut beliau pelajari dari para masyaikh di zamannya dengan penuh ketekunan dan kesabaran.


Baca: Flashdisk Kitab Kuning PDF 32 GB


Dalam salah satu syairnya, Ibnu Hisyam berkata: "Siapa pun yang bersabar dalam menuntut ilmu, ia akan mencapai tujuannya. Siapa pun yang menginginkan kebaikan, hendaklah bersabar dalam pengorbanan. Siapa pun yang tidak mengendalikan nafsunya dalam mencapai sesuatu yang mulia, ia akan hidup lama dalam kehinaan."


Ibnu Hisyam adalah penulis yang produktif, dengan sekitar 50 karya yang telah beliau hasilkan. Beberapa karyanya yang terkenal di antaranya adalah:


  1. Al-I’rab ‘an Qawa’id al-I’rab
  2. Qathr an-Nada wa Ball ash-Shada
  3. Iqamat ad-Dalil ‘ala Shihat at-Tamtsil wa Fasadi Ta-wil
  4. Audhah al-Masalik ila Alfiyah Ibni Malik
  5. Risalah fi Ahkam Lau wa Hatta
  6. Kifayah Ta’rif fi ‘Ilm at-Tashrif
  7. Al-Kawakib ad-Durriyyah
  8. Masa-il fi I’rab al-Quran
  9. Syarh Qathr an-Nada wa Ball ash-Shada


Kitab-kitab ini membahas berbagai disiplin ilmu, khususnya dalam bidang nahwu, sharaf, dan tafsir. Karya-karya beliau telah menjadi rujukan penting bagi para penuntut ilmu, terutama dalam kajian bahasa Arab dan ilmu gramatika.


Mughni Labib adalah salah satu karya monumentalnya yang menjelaskan kaidah-kaidah gramatikal bahasa Arab dengan sangat detail. Kitab ini sangat dihargai oleh para ulama dan dijadikan rujukan penting dalam studi nahwu.


Bila Anda ingin mendownloadnya, silakan:



Semoga bermanfaat. [dutaislam.or.id/ab]

Iklan