Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Qomi'uth Thughyan (PDF-Drive) - Syarah Nadham Syu'bil Iman Karya Syaikh Nawawi

Duta Islam #05
13 Sep 2024, 00:09 WIB Ter-Updated 2024-09-12T17:09:49Z
Download Ngaji Gus Baha

kitab qomi at-thugyan syarah su'bil iman syaikh nawawi al-bantani
Kitab Qomi'uth Thughyan versi cetak. 

Dutaislam.or.id - Syarah Qomi’ut Tughyan merupakan salah satu karya penting dalam khazanah literatur Islam. Kitab ini adalah syarah atau penjelasan atas nadzom Syu’bul Iman (cabang-cabang keimanan) yang disusun oleh Syaikh Zainuddin bin Ali bin Ahmad Syafi’i al-Kusyini al-Malibari. 


Nama Syaikh Zainuddin al-Malibari sudah tidak asing di kalangan pesantren, terutama karena beliau juga merupakan pengarang kitab terkenal lainnya, yakni Fathul Mu’in, yang sangat akrab dengan para santri di Indonesia.


Kitab Qomi’ut Tughyan ini dikarang oleh seorang ulama besar Nusantara, yaitu Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar al-Bantani. Syaikh Nawawi lahir di Tanara, Serang, Banten, sekitar tahun 1230 H atau 1815 M, dan dijuluki al-Bantani sebagai pengakuan atas asal-usulnya dari wilayah Banten, Indonesia. 


Beliau merupakan salah satu ulama besar yang sangat produktif, dengan jumlah karyanya tidak kurang dari 115 kitab, yang mencakup berbagai disiplin ilmu agama, seperti fiqih, tauhid, tasawuf, tafsir, dan hadits.


Kitab Qomi’ut Tughyan menjelaskan secara ringkas dan sistematis 77 cabang keimanan yang telah disebutkan dalam nadzom Syu’bul Iman. Syaikh Nawawi dengan cermat menguraikan cabang-cabang iman ini dalam 28 halaman yang ringkas namun padat, menjadikannya mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai kalangan. 


Kitab ini, meskipun ringkas, tetap mempertahankan kedalaman dan keluasannya dalam menjelaskan aspek-aspek keimanan. Terdiri dari 26 bait asli, namun Syaikh Nawawi menambahkan 3 bait di awal kitab untuk melengkapi penjelasan, sementara seorang ulama lain menambahkan 1 bait di bagian akhir, sehingga keseluruhan bait syair ini menjadi 30 bait, yang kemudian dibagi ke dalam 8 bab. 


Setiap bab membahas berbagai aspek penting dari cabang-cabang iman, menjadikan kitab ini sebagai panduan penting bagi siapa pun yang ingin memperdalam pemahaman mereka tentang iman dalam Islam. Bila Anda ingin mendownloadnya, silakan:



Langsung ke pustaka digital Duta Islam yang ada di Google Drive. Tanpa ribet. Semoga bermanfaat. [dutaislam.or.id/ab]

Iklan