Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Syifa'ul Janan (PDF) Terjemah Hidayatus Sibyan Makna Pegon Jawa

Duta Islam #05
21 Sep 2024, 04:13 WIB Ter-Updated 2024-09-20T21:13:36Z
Download Ngaji Gus Baha

kitab syifaul janan terjemah hidayatus sibyan
Kitab Terjemah Hidayatus Sibyan PDF.

Dutaislam.or.id - Kitab Hidayatus Sibyan adalah sebuah karya nadzam yang merangkum dasar-dasar ilmu tajwid dalam bentuk bait-bait syair, berjumlah 40 bait berbahasa Arab yang mudah dipahami walaupun tanpa murad makna. 


Dibandingkan dengan kitab-kitab tajwid lain yang umum diajarkan di pesantren, seperti Al-Muqaddimah Al-Jazariyah, kitab ini memiliki keistimewaan tersendiri dalam hal ringkas dan padatnya pembahasan. Oleh karena itu, Hidayatus Sibyan sangat sesuai bagi pelajar tingkat pemula yang baru mulai mendalami ilmu tajwid.


Baca: Flashdisk Kitab Pegon 32 GB


Popularitas kitab ini telah meluas, terutama di lingkungan pesantren dan madrasah. Pengarangnya, Syaikh Sa’id ibn Sa’d An-Nabhani Al-Hadrami, adalah seorang ulama terkemuka yang lahir di Yaman pada tahun 1.300 Hijriah dan wafat pada 1.354 Hijriah. 


Syaikh Sa’id ibn Sa’d memiliki keahlian yang mendalam dalam bidang bahasa Arab, fikih, serta ilmu yang berkaitan dengan cara membaca Al-Qur'an. Selain Hidayatus Sibyan, beliau juga menghasilkan berbagai karya yang mencakup disiplin ilmu tajwid, gramatika bahasa Arab, tauhid, dan tasawuf.


Hidayatus Sibyan telah diterjemahkan ke Bahasa Jawa oleh Kiai Muthohhar Mranggen (Al-Muroqi) dengan judul Syifaul Janan. Bila Anda ingin membacanya, silakan: 



Semoga bermanfaat. [dutaislam.or.id/ab]

Iklan